Review Gendut Doni FanGir

Review Gendut Doni, Legenda Sepak Bola Indonesia

Mantan sepak bola Indonesia bernama Gendut Doni Christiawan termasuk dalam legenda timnas Indonesia dan klub dengan rekor cukup gemilang di era 2000an. Dimana sebagai top skor Piala AFF 2000, raihan trofi juara bersama dua klub berbeda, yaitu Persija Jakarta (musim 2000/2001) dan Persebaya Surabaya (2004). Pencapaian baik itu terbilang impresif sebagai pemain yang lahir dan besar di kota Salatiga—tempat yang memang banyak melahirkan pemain hebat di era 2000an.

Nama Gendut Doni muncul pertama kali ketika membela tim pelajar Indonesia pada gelaran turnamen junior bernama Asian Schools Championship di Malaysia 1996 lalu. Di ajang tersebut, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik setelah membawa Indonesia menjuarai turnamen. Kesuksesan inilah yang mengharumkan namanya untuk menjadi modal awal karir profesional dengan menerima pinangan PSIS Semarang di musim 1998/1999.

Menilik Rekam Jejak Gendut Doni di Liga Indonesia

Legenda Indonesia Berharap Menpora Majukan Sepak Bola - Indonesiainside.id

Indonesianside

Gendut Doni yang beberapa kali masuk dalam daftar skuad pemain yang sering berganti klub. Setelah membela PSIS Semarang, Persija Jakarta, dan Persebaya Surabaya, ia juga tercatat pernah berkostum Persijatim Jakarta Timur, Arema Malang, Persikota Tangerang, Persitara Jakarta Utara, Pelita Bandung, Persiba Balikpapan, Persijab Jepara, dan Persib Bandung. Saking banyaknya, Gendut Doni pernah membela dua klub yang berbeda dalam satu musim Liga Indonesia. Dimana momen tersebut terjadi pada musim 2004—yang menerima tawaran Persebaya Surabaya saat  masih menjadi pemain Persikota Tangerang.

Baca juga:

Tahu gak kamu? Tercatat hanya dua pesepakbola di Indonesia yang memiliki karir serupa Gendut Doni sejak era profesional (1994/1995), yaitu Erik Setiawan dan Rahmat Affandi.

Namun, setelah meraih gelar Liga bersama Persebaya Surabaya, tak membuat dirinya fokus dengan melanjutkan karir di Bajul Ijo, tetapi memilih mencari tantangan baru bersama Arema. Bersama Arema, Doni pun kembali mencicipi kesuksesan dengan meraih trofi Copa Indonesia (sekarang Piala Indonesia) pada tahun 2005.

Top Skor Piala AFF 2000 bersama Timnas Indonesia

Sejak kompetisi Piala AFF berlangsung (sebelumnya Piala Tiger), timnas Indonesia dikenal selalu berhasil memunculkan sosok pemain berbakat dan unjuk gigi, salah satunya Gendut Doni. Pria kelahiran 7 Desember 1987 telah membuktikan diri sebagai salah satu pemain penting dalam skuad Garuda di Piala Tiger 2000. Meski awalnya telah diperkirakan tidak dapat bersaing dengan striker-striker lain seperti Miro Baldo Bento, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Bambang Pamungkas, tetapi momentum baik dimanfaatkan oleh Gendut Doni yang menggantikan Bambang Pamungkas, karena tidak mendapat izin dari klub EHC Norad untuk berangkat ke Thailand.

Cerita Rekor Unik Gendut Doni: Pernah Perkuat Persib Bandung, Persija  Jakarta, Arema & Persebaya Surabaya | Goal.com Indonesia

GOAL

Timnas Indonesia di Piala Tiger 2000 secara mengejutkan lolos ke final setelah mengalahkan Vietnam di babak semifinal dengan skor akhir 3-2. Dimana pemain yang saat itu mengantarkan klubnya Persija Jakarta menjadi juara Liga Indonesia, tampil sebagai penyelamat dengan mencetak gol pertama dan gol penentu kemenangan.

Di final, meski kalah dengan tuan rumah Thailand 4-1, Gendut Doni menjadi pencetak gol terbanyak bersama striker Thailand, Worrawoot Srimaka, dengan jumlah torehan lima gol.

Kini, Gendut Doni telah pensiun dan menjadi legenda sepak bola Indonesia terbaik di era 2000an. Karir terkini adalah staf pelatih dan bertanggung jawab sebagai asisten pelatih The Guardian.

Disclaimer:

Saat ini FanGir merupakan salah satu brand resmi asal Indonesia yang menawarkan produk merchandise dan memorabilia berlisensi resmi. Setelah sebelumnya menghadirkan koleksi unik berupa Autographed Jersey dan Trading Card dari kompetisi BRI Liga 1 Indonesia, para penggemar, fans, maupun kolektor, kini dapat menemukan koleksi produk terbaru lainnya hanya di www.fangir.com

Back to blog