Rekomendasi Toko Barang Antik FanGir

Mana Toko/Pasar Rekomendasi Barang Antik Favoritmu?

Di era yang serba digital ini, tentu tak menyurutkan para hobi dan koleksi untuk tetap menemukan produk atau barang memorabilia/antik di toko-toko offline. Selain bisa menikmati pilihan langsung sekaligus sharing dengan penjual, citra toko antik harus tetap dijaga sebagai aset produksi yang memiliki nilai jual. Dengan berada di satu lokasi pasar atau toko barang antik, menunjukkan bahwa kolektor benar-benar ingin menilai langsung keaslian dan kemurnian barang tersebut. Di Indonesia, barang antik dan kuno banyak ditemukan dan dijual bebas di pasar/toko tertentu. Bahkan, beberapa kota memiliki tempat yang cukup ikonik dengan koleksi memorabilia-nya.

Pasar atau toko rekomendasi barang antik tersebut tidak semerta-merta buat pehobi atau kolektor sejati, tetapi bisa diperuntukan bagi masyarakat umum untuk memburu koleksi kesukaan seperti koin zaman kerajaan, perangko, patung, hingga perabotan rumah tangga. Karena disana banyak sekali barang-barang peninggalan bersejarah dan ikonik yang berusia sangat tua sekalipun untuk dijadikan pajangan atau aset di masa mendatang. Dimana saja toko atau pasar rekomendasi barang antik? Simak ulasannya di bawah ini.

Pasar Klitikan Niten di Yogyakarta. Menyajikan berbagai varian barang antik yang sebagian masih berfungsi secara baik

Setiap barang antik itu tidak melulu soal kualitas yang memudar atau usang seiring berjalannya waktu. Kamu salah besar. Barang antik atau memorabilia menjadi spesial kala suatu peristiwa atau kualitas yang teruji mampu bertahan dengan baik sebagai bentuk warisan atau sejarah. Oleh karena itu barang antik sangat disukai para pehobi dan kolektor. Nah, untuk urusan barang antik yang masih bisa berfungsi dengan baik, kolektor bisa menemukan Pasar Klitikan Niten yang berada di Bantul, Yogyakarta. Di sini, hampir semua koleksi barang antik dijual dengan fungsi yang cukup baik.

Pasar Triwindu berada di Solo, Jawa Tengah. Cukup memanjakan pehobi dan kolektor berburu printilan barang kuno dengan ruangan yang instagramable

Pasar Triwindu yang terletak di Jalan Diponegoro, depan Pura Mangkunegaraan, Solo, Jawa Tengah ini, cukup menarik bagi pehobi dan kolektor mencari produk memorabilia langsung di lokasi. Selain surga bagi para kolektor, Triwindu juga menjadi tempat perburuan barang dekorasi ruangan antik para pesohor. Pasar ini magnet inspirasi dekorasi yang instagramable. Karena di Pasar Triwindu, kamu dapat menemukan berbagai jenis barang antik seperti koin, keramik, peralatan rumah tangga jaman dulu, hingga perangko.

Jalan Surabaya di kawasan Menteng Jakarta. Lokasi thrifting barang antik sejak 1970-an.

Selain Pasar Senen, lokasi thrifting memorabilia di Jakarta bernama Jalan Surabaya—sebuah pusat perdagangan kolektor antik di masa lalu. Di sini, pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis barang antik yang ikonik sejak tahun 1970-an seperti koin, perangko, keramik, patung, vas hingga peralatan musik klasik.

Pasar Kaget di Yogyakarta. Koleksi benda bersejarah di zaman kerajaan

Selanjutnya ada Pasar Kaget di Yogyakarta, yang membedakan dari lokasi sebelumnya adalah lokasi ini jadi target pehobi dan kolektor menemukan berbagai jenis produk memorabilia seperti patung, perangko, hingga koin jaman dahulu. Belum lagi barang-barang zaman kerajaan Yogyakarta terdahulu dapat ditemukan seperti wayang, kendi, patung kayu, perabotan antik, keris, uang logam, dan perhiasan.

Pasar Nostalgia Surabaya. Destinasi tujuan kolektor asing mencari barang antik

Pasar Nostalgia yang berada di Surabaya ini terletak di lantai 2 Pasar Bratang. Pasar ini sudah menjadi rekomendasi untuk para turis atau wisatawan asing mencari barang antik berkualitas yang ada di Surabaya. Karena para pedagang di sini tidak hanya menjajakan dagangan untuk masyarakat lokal saja, tetapi internasional. Beberapa turis asing yang menjadi langganan berasal dari Singapura, Afghanistan, Malaysia, dan masih banyak lagi. Mereka datang ke Pasar Nostalgia untuk berkunjung dan menemukan barang unik memorabilia seperti berburu harta karun, dalam jumlah yang besar.

Mana toko/pasar favoritmu?

Itulah kelima pasar atau toko untuk mencari produk koleksi memorabilia di Indonesia. Meski pasar-pasar di atas telah menunjukkan eksistensi menawarkan berbagai kebutuhan barang memorabilia, tentu kamu harus memastikan keaslian barang dan harga yang wajar. Sebagai kolektor baru, kamu dapat mengajak seorang ahli produk antik memorabilia yang memiliki reputasi baik untuk melakukan pengecekan dan penilaian sebelum membelinya.

Back to blog