Bola Resmi Piala AFF 2022

Bersatu, Bola Resmi Canggih di Piala AFF 2022

Gelaran turnamen resmi dua tahunan negara ASEAN bertajuk Piala AFF 2022 resmi bergulir pada 20 Desember 2022 – 16 Januari 2022. Sebanyak 10 (sepuluh) tim peserta telah didaftarkan untuk pertandingan dengan format home-away dan sistem single round-robin di fase grup. Kemudian dilanjutkan dengan format home-away di laga semifinal dan grand final. Dengan wajah baru AFF Mitsubishi Electric Cup—menggantikan AFF Suzuki Cup—federasi sepak bola ASEAN itu juga mengubah beberapa perangkat pertandingan penting, seperti bola resmi canggih di edisi kali ini.

Produsen apparel resmi asal Thailand, Warrix resmi meluncurkan bola untuk setiap pertandingan di Piala AFF 2022 dengan nama “Bersatu”. Diambil dari bahasa melayu—bahasa sejati sejumlah negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Nama Bersatu yang terinspirasi dari berasal dari kata persatuan dan keharmonisan antar negara tetangga di ASEAN.

Tak mau kalah dari bola resmi Piala Dunia 2022 (Al Rihla), AFF menunjuk fisik bola Bersatu dengan teknologi yang cukup canggih dan modern.

Dilansir dari SNE Sport, bola yang dibuat dengan teknologi modern atau tanpa jahitan menggunakan fitur Thermo Bonded. Selain itu, bola ini memiliki berat yang seimbang.

Fitur Thermo Bonded merupakan teknologi yang diproduksi produsen pembuatan bola tanpa metode jahitan. Dengan begitu, bola tersebut akan lebih memiliki bobot seimbang ketika dimainkan di lapangan hijau. Hal ini juga dapat membantu para pemain lebih fleksibel dalam menguasai pantulan bola, menggiring bola, hingga beban bola ketika berada di udara.

Baca juga:

Warrix - Sponsor Bola Resmi Piala AFF

Sejak 2020 Warrix sudah menjadi sponsor resmi pendukung perangkat sepak bola tingkat ASEAN, yaitu Piala AFF. Bukan hanya Bersatu, bola resmi yang digunakan turnamen bergengsi ini. Tetapi Warrix juga memasok pakaian olahraga di kejuaraan untuk perangkat pertandingan seperti wasit dan official lainnya.

Perusahaan yang pertama kali bergerak di bidang manufaktur olahraga yang didirikan pada 2013 ini telah memproduksi perlengkapan olahraga, mulai dari peralatan latihan, merchandise, perlengkapan olahraga, dan sebagainya.

Apparel asal Thailand ini pun berhasil menggaet kerja sama dengan dua tim nasional, yakni timnas Thailand (2017), timnas Myanmar (2018), dan timnas Indonesia (2020). Selain pernah menjadi sponsor apparel timnas yang berlaga di Piala AFF, Warrix juga telah bekerjasama dengan klub-klub sepak bola di Asia Tenggara.

Bola Resmi Piala AFF dari Masa ke Masa

Gelaran Piala AFF 2022 menjadi turnamen resmi ke-14 tingkat ASEAN yang telah berlangsung sejak 1996 silam. Turnamen yang pada awalnya bernama Piala Tiger—berlangsung selama lima edisi dan baru di tahun 2008, AFF kembali bergulir dengan sponsor utama Suzuki yang berlangsung sampai tujuh edisi. Kemudian di tahun 2022, AFF resmi menggunakan wajah baru dengan sponsor utama Mitsubishi Electric.

Tapi, tahukah kamu? Piala AFF baru melakukan pendaftaran perangkat pertandingan seperti bola resmi mulai edisi 2016. Menurut Skor.id, Piala AFF baru memiliki empat bola resmi di edisi 2016 – 2022. Bola resmi itu bernama Delta Fluo Hyperseam (2016), Primero Mundo X Star (2018), Asean Pulse (2020), dan Bersatu (2022). Keempat bola resmi tersebut juga memiliki sponsor resmi yang populer di tanah ASEAN.

Berikut ulasannya:

  • Delta Fluo Hyperseam (Mitre, 2016) - Bola resmi pertama yang digunakan Piala AFF 2016 menggunakan produk asal Inggris, Mitre. Berdasarkan desainnya, bola tersebut menjadi bola resmi pertama di Piala AFF yang menggunakan warna fluo.
  • Primero Mundo X Star (Grand Sport, 2018) – Setelah Mitre, giliran Grand Sport asal Thailand yang resmi jadi penyedia bola di Piala AFF 2018 dengan nama Primero Mundo X Star. Bola ini telah populer di Thai League dan Lao League—karena Grand Sport telah lama menjadi bola resmi kompetisi liga Thailand dan Laos tersebut.
  •  Asean Pulse (Warrix, 2020) – Masih dari Thailand, Warrix menjadi produsen bola resmi di turnamen edisi 2020. Bola dengan warna dominan putih dan emas dipadu dengan desain yang terinspirasi dari denyut nadi masyarakat Asia Tenggara. Asean Pulse sejatinya menggambarkan persatuan denyut nadi, semangat, cerita, serta persahabatan dari negara di ASEAN. Terbuat dari bahan Polyurethane berbahan dasar kulit sintetis, sehingga mudah dikontrol dengan baik dalam cuaca apapun.
  • Bersatu (Warrix, 2022) – Bola resmi terbaru di Piala AFF 2022 juga masih diproduksi oleh Warrix. Memiliki nama Bersatu—terinspirasi dari bahasa melayu yang artinya persatuan dan keharmonisan peserta negara ASEAN. Bersatu juga memiliki teknologi canggih dengan fitur thermo bonded yang dapat digunakan dengan tekanan yang seimbang, menjadikan teknik permainan lebih stabil, eksplosif, dan fleksibel.

Dengan hadirnya keempat bola resmi yang telah digunakan AFF di perhelatan turnamen bergengsi tingkat ASEAN, apparel perangkat pertandingan dari Thailand masih mendominasi. Warrix menjadi apparel dua edisi terakhir Piala AFF sebagai penyedia bola resmi yang digunakan. Apakah edisi selanjutnya apparel dari Indonesia? Kita tunggu saja.

Semoga dengan adanya bola resmi yang memiliki fitur canggih tersebut dapat membantu timnas Indonesia menjadi jawara di edisi kali ini. Bagi kamu yang mau koleksi merchant resmi sepak bola Indonesia, bisa dapatkan produk asli-nya hanya di www.fangir.com

Back to blog