Bola Piala Dunia

Al Rihla: Fakta Keren Bola Resmi Piala Dunia 2022

Euforia Piala Dunia 2022 di Qatar kian dekat, seluruh elemen pecinta sepak bola telah mempersiapkan diri jelang bergulirnya pada November – Desember mendatang. Sebanyak 32 negara terbaik telah resmi mengikuti perhelatan paling bergengsi di dunia tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia sendiri baru mendapat restu menjadi tuan rumah Piala Dunia kelompok umur U-20 pada 2021 mendatang. Meski belum bisa tampil di perhelatan akbar Piala Dunia 2022, faktanya ada produk buatan Indonesia, yang bakal ikut serta selama turnamen berlangsung. Piala Dunia 2022 akan menggunakan bola resmi asal Madiun, Jawa Timur bernama Al Rihla.

Al Rihla dalam bahasa Arab yang berarti Perjalanan serta terinspirasi oleh budaya, arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Tuan Rumah, Qatar. Dilansir FIFA, Al Rihla merupakan bola official ke-14 yang diciptakan khusus untuk seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar. Al Rihla terdiri dari kulit bertekstur dengan bentuk panel yang terdiri dari 20 bagian desain tekstur makro dan mikro.

Bola resmi yang merupakan keluaran brand ternama Adidas tersebut dibuat oleh PT Global Wei Indonesia (GWI) yang bertanggung jawab dalam pembuatan bola Piala Dunia 2022. Perusahaan yang dipercaya untuk membuat dan mendistribusikan sebanyak 50 ribu bola Al Rihla dengan kualitas terbaik. Karena selain Qatar, Al Rihla akan diekspor ke berbagai negara lain seperti Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Arab, hingga Brasil.

Menurut Franziska Loeffelmann, direktur Football Graphics and Hardwear di Adidas menjelaskan kelebihan bola resmi Piala Dunia 2022 Al Rihla. Dimana desain dan bahan yang diterapkan dalam Al Rihla membuat permainan sepak bola lebih cepat, akurasi dan stabilitas bola di udara juga semakin baik. Desain Al Rihla membuat bola Piala Dunia 2022 mampu menjaga stabilitas saat berada di udara. Keren, kan!

Selain itu ada fakta keren lainnya mengenai bola resmi Piala Dunia 2022 Al Rihla yang bisa FanGir info bagikan di sini.

Tinta dan Lem berbahan Air

Sebagai bagian resmi dari Piala Dunia 2022, sejatinya bola adalah produk utama dari permainan yang menggunakan seluruh bagian tubuh pemain. Jadi sudah pasti bola memiliki pengaruh yang keren terhadap jalannya pertandingan sepak bola.

Tahun ini, FIFA telah menetapkan Al Rihla sebagai bola resmi Piala Dunia yang menggunakan bahan dasar berkualitas dan berteknologi canggih. Saat ini Al Rihla dirancang dengan kesinambungan yang prioritas, karena dirancang secara eksklusif dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Ramah Lingkungan

Dari bahan dasar air dan tinta memberikan warna baru dalam sepak bola dunia dengan tipe paling ramah lingkungan. Secara eksklusif untuk pertama kalinya perhelatan akbar Piala Dunia 2022 menggunakan bahan keren tersebut.

Teknologi CRT Core & Speedshell

Fitur CRT Core merupakan inovasi dalam bola yang diatur sedemikian rupa untuk memaksimalkan akurasi dan konsistensi, sehingga mendukung permainan cepat, atraktif dengan retensi maksimum di udara. Sedangkan teknologi Speedshell terdiri dari lapisan kulit poliuretan dari bola tersebut yang menampilkan tekstur mikro dan makro.

20 panel lapisan bagian dapat meningkatkan gerakan aerodinamis, stabilisasi penerbangan, akurasi sepakan, dan lengkungan tembahakn di udara secara maksimal. Adidas telah menciptakan sebuah fasilitas modern pada sebuah kulit bundar untuk performa terbaik pemain di atas lapangan, meminimalisir cedera, dan menghindari benturan di udara.

Inspirasi Perahu Dhow

Al Rihla memiliki desain panel yang terinspirasi oleh Perahu Dhow tradisional, memiliki pola warna solid biru, merah, dan kuning, sehingga mewakili lanskap Doha, Qatar.

Back to blog

Legacy - Chris John

1 of 4