Tips Merawat Action Figure FanGir

5 Tips Merawat Action Figure Setelah Ditinggal Mudik

Momen libur panjang lebaran biasanya ditinggal mudik para pehobi dan kolektor sebagai budaya. Apalagi setelah 2 tahun pandemi, momen libur lebaran tahun ini jadi lebih lama dari sebelumnya. Sebagai kolektor baru pasti berpikir untuk menjaga dan merawat koleksi seperti action figure itu biasa saja. Tetapi, bagi kolektor profesional ini adalah kewajiban merawat setelah ditinggal pemilik dalam jangka waktu lama. Karena, selain membuat komponen berdebu dan kotor, sehingga material-material yang terkandung didalamnya bisa usang bahkan tak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pentingnya merawat action figure kolektor setelah ditinggal mudik jangan dianggap sepele, ya.

Berikut tips menjaga dan merawat action figure yang mudah tetapi membuat material dan komponen awet dan terjaga kualitasnya.

Periksa Terlebih Dahulu Komponen Detail Action Figure

Komponen detail action figure FanGir

Kreativv

Sebelum membersihkannya, kamu dapat memeriksa terlebih dahulu komponen secara detail koleksi action figure kamu. Karena beberapa jenis action figure—khususnya Nendoroid—banyak komponen kecil atau partikel dengan ukuran kecil yang sensitif, bisa lepas atau hilang.

Baca juga:

Bersihkan Debu dengan Sabun yang tepat

Tips bersihkan action figure FanGir

Wikihow

Berdasarkan materialnya:

  • Sampo Bayi atau Pelembut Pakaian membuat bagian rambut atau sintetis pada bahan action figure agar tidak kusut.
  • Deterjen untuk bersihkan bahan kain action figure
  • Sabun cuci piring untuk membersihkan bahan metal, plastik, karet, dan sejenisnya agar komponen tidak terkelupas lapisannya

Simpan Kembali dalam Lemari atau Kotak Kaca

Lemari kaca action figure fangir

Premium Staff

Setelah memandikan atau membersihkan action figure, kamu bisa simpan kembali ke dalam lemari atau kotak kaca sebagai antisipasi paparan debu dan sinar matahari secara langsung. Secara tidak langsung, untuk menghindari lemari atau kotak kaca selalu terjaga, bersihkan dengan alat dan sabun yang sesuai.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari berfungsi mengubah warna action figure kamu menjadi pucat seiring berjalannya waktu. Selain itu, sinar matahari dapat melelehkan bahan plastik keras, ABS, dan PVC. Karena itu, rutin merawat dan membersihkan layaknya kendaraan untuk tetap menjaga kualitas warna dan komponen yang ada didalamnya, tempatkan action figure di lemari atau kotak kaca yang jauh dari paparan sinar matahari.

Gunakan Super Lem untuk Perekat Komponen

Perawatan selanjutnya ketika ada komponen yang rusak atau rentan terhadap perekat, coba dengan super lem yang dianjurkan. Formula ini digunakan agar komponen action figure dapat mencegah pengikisan terhadap partikel yang mudah patah. Namun, sebelum menempelkan perekat, perhatikan beberapa formula lem, jangan sampai mengenai tangan atau komponen yang sensitif dibersihkan terhadap lem tersebut.

Perhatian:

Pastikan kamu merawat dan membersihkan action figure dalam air hangat bercampur sabun selama kurang lebih 20 menit. Teknik perendaman ini untuk membantu debu dan kotoran terlepas terlebih dahulu. Kemudian, gosokan komponen atau material action figure dengan kain secara teratur. Terakhir, keringkan dalam ruangan dengan alat pengering. Jangan sampai mengeringkan benda tersebut di bawah sinar matahari langsung.

Sudah siap merawat atau membersihkan action figure setelah libur panjang mudik lebaran? Baca dengan seksama agar koleksimu tetap terjaga dengan baik.

Punya hobi sebagai kolektor barang berkualitas? Kunjungi www.fangir.com untuk mendapatkan koleksi terbaik lokal berlisensi resmi dengan harga yang terjangkau.

Back to blog