Tips Jadi Kolektor

Tips Memulai Kegiatan Koleksi di Bulan Ramadan

Pastikan sepanjang bulan ramadan berhiaskan mahkota intan permata dengan menjaga ibadah, lisan dan perilaku. Karena sejatinya di bulan suci ini pentingnya mengubah akhlak—perbuatan baik agar memiliki segudang pahala untuk bekal dikehidupan alam akhirat kelak. Sama tapi tak serupa, kali ini FanGir akan membawamu pada kegiatan positif selama bulan ramadan dengan menjaga waktumu lebih bermanfaat. Salah satunya dengan menjadi kolektor—kegiatan mengumpulkan (koleksi) benda/barang menjadi aset/investasi.

Mengoleksi benda merupakan suatu kebaikan bagi semua pihak atas transaksi jual-beli yang dilakukan. Satu kelebihan lagi bagi kolektor, memiliki barang impian adalah hobi baik yang menyenangkan juga menguntungkan. Menyenangkan untuk melengkapi pencapaian koleksi, menguntungkan bila item/unit barang tersebut menjadi aset karena memiliki value. Bagaimana? Begitu menyenangkan, bukan? Di waktu yang baik ini tiada salahnya bila kamu mencoba menjadi kolektor hari ini.

FanGir akan membantu kamu mencintai kegiatan koleksi berupa merchandise dari para artis hiburan dan aktivitas olahraga terkenal yang memiliki manfaat dari waktu ke waktu. Merchandise FanGir bisa berupa apa saja dari benda yang digunakan entertainer dan atlet olahraga terkenal, trading card, hingga barang sederhana yang memiliki value standar, namun bagi investor menjadi koleksi aset jangka panjang.

Dilansir Barisnis, saat ini koleksi paling berharga di dunia adalah kartu bisbos Honus Wagner T206 yang dikeluarkan oleh American Tobacco Company pada tahun 1909. Kartu Honus tersebut hampir selalu terjual seharga $ 1 juta - $ 2 juta tergantung kondisi kartu. Kemudian ada perangko Swedia yang salah cetak, tetapi bagi kolektor/investor justru bernilai itu terjual dengan harga sekitar $ 2,3 juta pada tahun 2010. Wow, nominal yang sangat fantastis!

Kamu ingin mencobanya? Ketahui kegiatan yang menguntungkan di bawah ini ya, biar tidak gagal paham!

Barang koleksi bisa kamu dapatkan dimana saja. Tempat populer biasanya adalah pasar loak, toko barang antik, pengecer, lelang, dan baru-baru ini yang lagi hits adalah pertukaran online seperti eBay. Nilai koleksi sangat bervariasi, tetapi tergantung pada penawaran dan permintaan aset. Bila sudah menemukan barang yang ingin kalian koleksi, harus memikirkan;

Waktu dan Merawatnya

Hal pertama yang kamu harus kuasai adalah seberapa lama kamu berencana merawat benda/barang sebagai investasi sebelum menjualnya. Ada beberapa pilihan dalam memanfaatkan waktu ini. Pertama kamu menemukan penawaran yang bagus pada koleksi dan mendapatkan keuntungan cepat atau menyimpan sampai merawat untuk jangka waktu yang lama supaya kelangkaan barang bisa terjamin dan nilainya akan jauh lebih tinggi seiring kondisi barang dari waktu ke waktu.

Mulai dari Hobi

Sangat tepat bila kamu menerapkan sistem koleksi dengan rasa bangga memilikinya menjadi nilai plus dalam perjalananmu. Kedua, mulailah dari hal kecil, karena keuntungan pemula yang kamu hasilkan akan memacu kamu untuk investasi yang lebih besar di kemudian hari. Pelajari segala sesuatu yang bisa kamu manfaatkan sebagai koleksi kecil-kecilan, amati pergerakan koleksi dari kuantiti yang limited, sampai kepada statistik market yang menginginkan barang tersebut akan membantu memulai investasi kamu lebih baik.

Yakin dengan tujuan

Kecil tetapi berpengaruh besar dalam mengoleksi aset, keyakinan kamu membantu lebih percaya diri dalam segala situasi. Kamu harus yakin dengan koleksi yang dipilih sebagai tujuan investasi di kemudian hari dengan menghasilkan pengembalian. Koleksi aset seperti karya seni, perhiasan, pertanahan, hingga trading card dapat menghasilkan nilai yang besar, kecuali kamu tidak yakin atas barang tersebut.

Diketahui hasil dari keyakinan para kolektor besar saat ini adalah perusahaan keuangan UBS Group (UBS-Get Report) dan cabang Wealth Management Americas mensurvei 2.475 investor setidaknya $ 1 juta dalam aset yang dapat diinvestasikan, termasuk 608 dengan setidaknya $ 5 juta. Di antara mereka, 25% menganggap diri mereka kolektor—mayoritas kelompok itu menghabisakan sampai 20 tahun untuk mengumpulkan barang yang rata-rata 10% dari kekayaan mereka.

Namun, hampir 57% kolektor kaya tersebut mengatakan mereka telah membangun koleksi karena cinta dan keyakinan, bukan demi mengejar keuntungan semata. Dari sini kita sudah paham, dalam menghadapi kesuksesan itu berawal dari cinta, menjalani hobi berawal dari keyakinan, dan melakukan kebaikan—ibadah adalah pintu dari lancarnya target koleksi kamu.

Bagi kamu yang hobi koleksi jersey dan trading card bisa kunjungi pilihan merchandise kami disini.

Yuk, mulailah hobi yang menguntungkan dengan targetkan keyakinan investasi koleksi kamu di bulan yang penuh kebaikan ini. FanGir mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bulan ramadan 1443 H. Mohon maaf lahir batin.

Back to blog