Nonton Piala Dunia di Indonesia FanGir

Siap-Siap Nonton Langsung Piala Dunia di Indonesia!

Kapan lagi nonton Piala Dunia di Indonesia? Suatu kehormatan saat Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah (host) Piala Dunia U-17 atau FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 menggantikan Peru yang batal. Hal ini pun turut mengobati luka penggemar atas kegagalan menggelar Piala Dunia U-20 2023. Padahal Piala Dunia U-20 tinggal menentukan final drawing babak grup di Bali 31 Maret lalu. Tapi, kali ini Indonesia seharusnya lebih siap untuk menghelat turnamen akbar kelompok usia yang jarang terjadi di tanah air, bahkan Asia Tenggara. Final drawing pun telah dilaksanakan, setiap pertandingan akan berlangsung di empat kota, yaitu Surabaya, Surakarta, Bandung, dan Jakarta. Rencananya, Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Mencetak Sejarah di Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 2023 menjadi edisi ke-19 sepanjang sejarah sejak pertama kali digelar pada tahun 1985. Ada beberapa sejarah yang terukir selama gelaran Piala Dunia U-17 berlangsung, yaitu Arab Saudi jadi wakil dari Asia yang pernah menjadi juara di edisi 1989, kemudian ada Nigeria yang mengoleksi sebanyak lima gelar pada edisi 1985, 1993, 2007, 2013, dan 2015.

Dramatis Atasi Meksiko, Brasil Juara Piala Dunia U-17 | Goal.com Indonesia
Goal.com

Indonesia sendiri resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dalam sidang putusan FIFA Council di Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023) lalu. FIFA menunjuk Indonesia untuk menggelar turnamen setelah Peru memutuskan mundur. Diketahui Federasi Sepak Bola Peru (FPF) melepas status tuan rumah karena tidak mampu untuk melengkapi infrastruktur guna pantas menggelar event internasional sepak bola terbesar di dunia dari kelompok usia.

Saatnya Indonesia mencetak sejarah dengan keuntungan menjadi tuan rumah. Kesempatan emas ini bisa maksimal karena untuk pertama kalinya timnas Indonesia U-17 tampil di pentas dunia. Kedua, dari segi branding, FIFA World Cup U-17 tak bisa dipandang sebelah mata untuk mendapatkan perhatian dunia sepak bola Internasional, terutama bagi talenta muda yang berprestasi. Kemudian dari hasil drawing pembagian grup, Garuda Muda semestinya bisa bersaing untuk lolos ke babak berikutnya.

Hasil Pembagian Grup, Indonesia Diuntungkan?

Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia berada di pot 1 bersama tim terbaik dunia. Oleh karena itu, dipastikan mendapatkan lawan dari pot yang lebih ringan. Undian (drawing) telah dilakukan di Rumah FIFA pada hari Jumat, 15 September lalu. Sebanyak 24 negara terbaik masuk dalam ajang tersebut. Terdapat enam grup yang bakal melakoni partai bergengsi untuk bisa melaju ke babak knock out (dua tim teratas grup, dan empat tim peringkat tiga terbaik). Berdasarkan undian, timnas Indonesia U-17 menempati grup A, bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Berikut hasil pembagian grup Piala Dunia U-17 2023:

  • Grup A: Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko
  • Grup B: Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan
  • Grup C: Brasil, Iran, Keldonia Baru, Inggris
  • Grup D: Jepang, Polandia, Argentina, Senegal
  • Grup E: Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat
  • Grup F: Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

Hadirnya Lambang dan Maskot Bisa Jadi Koleksi Bersejarah

FIFA telah resmi meluncurkan lambang resmi dari perhelatan Piala Dunia U-17 di FIFA+, Jumat (1/9/2023). Lambang FIFA U-17 World Cup terinspirasi oleh warna bendera nasional Indonesia, laut biru kehijauan dengan arus yang mengalir melintasi nusantara. Sedangkan mahkota bergambar bowa mewakili hasrat global yang antusias dengan permainan yang digemari seluruh dunia. Sekilas, lambang ini mengisyaratkan kepada penggemar, fans fanatik dan seluruh elemen sepak bola di dunia tentang pengalaman, warna, keragaman, dan semangat yang dihelat di Indonesia yang menjadi jantung Asia Tenggara.

Lambang dan Maskot FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023™ Resmi Diluncurkan -  Kanalindonesia.com
KanalIndonesia

Sedangkan hadirnya Bacuya (Badak Cula Cahaya) menjadi maskot pada turnamen Piala Dunia U-17. Maskot yang mengacu pada nama hewan asli Indonesia—Badak Bercula—diharapkan berperan penting dalam mengajak seluruh masyarakat untuk hadir ke stadion melihat semarak pesepakbola muda kebanggaan tanah air.

Maskot yang sejatinya menjadi ikonik setiap kompetisi pertandingan FIFA U-17 World Cup selalu menarik perhatian para kolektor. Selain ikonik, benda atau merchandise Piala Dunia adalah hal yang bernilai tinggi dan eksklusif hanya dirilis pada saat event tertentu saja. Oleh karena itu, hadir dan dapatkan koleksi merchandise seperti Maskot Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Back to blog