Grading FanGir

Kolektor Harus Tau Kenapa Kartu Koleksi Diberi Penilaian (Grading)?

Grading kartu koleksi bisa memberikan manfaat bagi kolektor sejati yang ingin kartu koleksi mendapat garansi seumur hidup. Ada beberapa alasan kenapa kolektor senang memberi penilaian sebagai bukti objektif dari kualitas kartu tersebut. Bahkan, secara keseluruhan, penilaian kartu (grading) dapat memberikan jangka waktu terhadap potensi nilai signifikan investasi di masa mendatang.

Grading Kartu Koleksi FanGir

Apa itu Grading Kartu Koleksi?

Proses evaluasi atau penilaian kartu koleksi dari perusahaan profesional. Perusahaan disini mampu merancang, menentukan kualitas kartu secara objektif, penilaian, sertifikasi hingga dikemas (segel) secara otentikasi jangka panjang.

Siapa saja perusahaan ahli Grading Kartu Koleksi di Dunia?

PSA (Professional Sports Authenticator)

PSA adalah salah satu perusahaan di Amerika Serikat yang memberikan grade/sertifikat kepada benda atau barang seperti kartu koleksi (trading card). Nilai di 1 (paling jelek) - 10 (perfect) diberikan kepada seluruh kartu yang sudah dI-grade dengan unique barcode yang terdaftar di PSA website.

Bagaimana cara Grading ke PSA?

Langkah awal buat Submit ke PSA, daftarin akun terlebih dulu di Websitenya. Setelah selesai membuat akunnya , pilih service (layanan) yang di inginkan di http://www.psacard.com/onlinesubmissioncenter dan memulai register kartu yang ingin di Grading, jika sebelumnya sudah pernah mendaftar (tersedia di database PSA), kalian bisa langsung search name/produk di page. Cara daftarnya mudah, kalian bisa masukan data seperti “Jenis kartu – Tahun – Set – Nomor – Nama Kartu” , jika sudah di generate formulir submission yang harus di Includekan pas kirim ke PSA.

BGS (Beckett Grading Services)

Beckett Grading Services menggunakan skala penilaian 1 hingga 10 poin yang mudah dipahami, dengan penurunan dalam increment setengah poin (misalnya 10, 9.5, 9, 8.5, dan seterusnya). Karena diberikan laporan detail tentang atribut utama kartu koleksi, tidak ada qualifier yang membingungkan yang harus didekripsi.

Bagaimana cara Grading ke BGS?

  1. Unduh formulir pengiriman melalui situs web www.beckett.com
  2. Isi semua informasi yang diperlukan.
  3. Pastikan memiliki informasi tentang biaya penilaian, pengiriman, dan asuransi yang berlaku saat ini. Kami memudahkan akses ke informasi di situs web kami atau dengan menelepon 972-448-9188 dan memilih opsi untuk menanyakan biaya saat ini.
  4. Bungkus kartu dengan Baik. Kami sangat menyarankan untuk meletakkan kartu dalam lapisan plastik pelindung dan kemudian dalam tipe semi-rigid. Ini akan memberikan perlindungan optimum untuk kartu Anda selama dalam perjalanan ke Beckett Grading.
  5. Pilih metode pembayaran: cek, money order, atau kartu kredit. Kami menerima Mastercard, Visa, Discover, dan American Express.
  6. Kirimkan kartu ke alamat yang tertera di bagian atas formulir.

CSG (Certified Sports Guaranty)

Grading CSG (Certified Sports Guaranty) menjadi jaminan yang memberikan pengalaman penilaian bagi pemilik kartu untuk membuktikan kelayakan kartu, mengalami perubahan, asli/tidak, atau over-graded. Sehingga memberikan kepercayaan yang lebih besar bagi kolektor dan pedagang terhadap kartu yang nantinya disertifikasi oleh CSG.

Grading CSG FanGir

Bagaimana cara Grading CSG?

Untuk mengajukan kartu ke CSG sangatlah mudah. Cukup menjadi anggota kemitraan CSG di CSGcards.com/join (keanggotaan dimulai dari hanya $25 per tahun), lengkapi formulir pengajuan online yang mudah digunakan di situs CSG, dan kirimkan kartu-kartu Anda ke CSG. Dealer yang telah diotorisasi juga dapat mengajukan permohonan dengan mengirim email di Service@CSGcards.com

HGA (Hybrid Grading Approach)

HGA (Hybrid Grading Approach) adalah perusahaan lisensi bersertifikat untuk para pecinta kartu koleksi olahraga maupun kolektor kartu bola Indonesia. HGA berawal dari kolektor ke pemilik toko kartu lokal, kemudian menjadi sebuah perusahaan grading. HGA melihat potensi besar di pasar trading card untuk penilaian yang kredibel.

Grading HGA Kartu Koleksi FanGir

Bagaimana cara Grading di HGA?

  1. Buka situs website HGA Grading
  2. Daftarkan diri dan informasi tentang kartu yang mau dikirim
  3. Pilih waktu penyelesaian pengiriman
  4. Masukan informasi tagihan
  5. Ikuti instruksi pengemasan/pengiriman biasanya FedEx, UPS, atau USPS
  6. Segera kirim

Dari sekian banyak peraturan dan instruksi pengiriman, harap baca Formulir terlebih dahulu sebelum melakukan pengiriman Grading. Untuk bantuan dalam mengirimkan grading, FanGir sudah bisa membantu kalian dalam memproses grading dari pengiriman sampai selesai.

Lalu, apa saja manfaat Grading Kartu Koleksi?

Kualitas

Membantu kolektor dan investor mengetahui otentikasi kartu yang mereka inginkan. Karena kartu-kartu diberi peringkat berdasarkan kondisi dan kualitasnya. Hal ini membantu kolektor dan investor untuk menilai nilai sebenarnya dari kartu tersebut. Semakin tinggi peringkatnya, semakin baik kondisi kartu tersebut.

Bentuk Penilaian

Bentuk penilaian ada 2 (dua). Pertama bisa dinilai secara peringkat yang mampu menjaga nilai investasi kartu dan mengurangi resiko kartu koleksi palsu/rusak. Kedua, memiliki nilai jual tinggi untuk mendapatkan harga jual lebih baik (ketika memutuskan ingin menjualnya).

Mendukung Keaslian

Grading membantu kolektor memastikan kartu koleksi tersebut asli dengan sertifikasi resmi oleh perusahaan ahli/profesional.

Penyimpanan (Seumur Hidup)

Grading menciptakan kapsul pelindung (penyegelan) berkualitas yang memastikan kartu koleksi tetap terjaga dengan baik sampai seumur hidup.

Disclaimer:

FanGir adalah Perusahaan Penjualan Kartu Koleksi Sports & Entertainment Pertama di Indonesia dengan produk yang sudah terbukti bisa di-grading oleh HGA, CSG, dan PSA.

Back to blog