Jadwal Event Olahraga by FanGir

Jadwal Event Olahraga Sepanjang 2022

Pandemi membuat pesta olahraga kehilangan gairahnya. Fans olahraga seperti harus menahan euforia untuk mendukung idolanya berlaga. Di lain hal ada beberapa event olahraga harus memundurkan jadwal resminya. Salah satunya yang baru dirasakan para pecinta sepak bola di Indonesia. Dalam gelaran AFF 2020, tetapi jadwalnya pindah di tahun 2021 dan babak final dilangsungkan pada Januari 2022. Meski telah digelar, namun hanya sebagian kecil yang bisa menikmati pertandingan secara langsung.

Di tahun 2022 layaknya menjadi kabar bahagia karena disebut tahunnya olahraga nasional maupun internasional. Sebab, banyak jadwal event olahraga populer digelar secara resmi sepanjang tahun. Mulai dari Piala Dunia FIFA Qatar, MotoGP hingga SEA Games di Hanoi. Harapan dan doa masyarakat penggemar event olahraga secara seksama bakal kembali normal seiring dengan penyusutan kasus covid-19 di negara-negara tuan rumah penyelenggaraan event.

Selain nama-nama event yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa ajang olahraga internasional yang digelar pada 2022 seperti Piala Afrika, Olimpiade Musim Dingin Beijing, Piala Asia Wanita, BWF Championship, Asian Games, dan Piala AFF.

Untuk ulasan lengkap jadwal penyelenggaraan event olahraga bisa kamu simak di bawah ini.

Formula E Jakarta - Mei

Pada Juni mendatang, dalam gelaran kesembilan Formula E dijadwalkan di Ancol, Jakarta. Di sirkuit yang memiliki 18 tikungan ini, nantinya para pembalap akan mengitari sirkuit dengan desain seperti kuda lumping. Di sirkuit ini, mobil formula bertenaga listrik juga bisa digeber sampai kecepatan maksimal. Karena Jakarta Internasional E-Prix Circuit 9JIEC) punya lintasan lurus sepanjang 600 meter yang dirasa cukup untuk akselerasi Formula E.

Piala Asia Wanita - Januari & Februari

Piala Asia Wanita merupakan edisi olahraga menarik di kawasan Asia dengan sistem turnamen antar negara Asia. Apalagi Garuda Pertiwi tergabung dalam grub B, bersama Australia, Thailand, dan Filipina. Selain itu 12 negara yang menjadi peserta dalam gelaran Piala Asia Wanita ini terbagi dalam tiga grup dan memperebutkan posisi pertama dan kedua untuk lolos ke babak selanjutnya.

Gelaran Piala Asia Wanita 2022 digelar secara resmi di India mulai 21 Januari hingga 6 Februari 2022.

SEA Games Hanoi - Mei

Setelah memastikan event berlangsung di Hanoi pada 12 - 23 Mei mendatang, Komite penyelenggara menetapkan 526 nomor dari 40 cabang olahraga untuk dipertandingkan. Sempat memiliki jadwal resmi pada November 2021, pelaksanaannya tertunda akibat kasus pandemi covid-19 varian baru.

Olimpiade Musim Dingin - Februari

Olimpiade Musim Dingin Beijing akan berlangsung pada 4-20 Februari 2022. Kurang dari sebulan jadwal pelaksanaan Olimpiade akan menerapkan sistem gelembung. Terkait masih ada beberapa kasus pandemi covid-19 di China.

Asian Games Hangzhou - September

Setelah Indonesia menjadi tuan rumah pada 2018, obor olahraga terbesar telah sampai di Hangzhou China. Jadwal tersebut dilaksanakan pada 10 - 25 September 2022. Dari 45 negara peserta bakal bersaing di 40 cabang olahraga. Pesta Olahraga Asian Games Hangzhou merupakan gelaran edisi ke-19 atau XIX.

BWF Tournament - Maret

Jadwal telah dirilis oleh Badminton World Federation (BWF) pada 28 Oktober 2021 di laman resmi BWF. Berdasarkan jadwal, India akan menjadi negara pertama menggelar turnamen badminton pada 2022 bertajuk India Open.

Kemudian All England pada 16-20 Maret dilanjutkan Piala Thomas dan Uber pada 8-15 Mei 2022 di Thailand. Hingga turnamen penutup badminton terjadi di HSBC BWF World Tour Finals pada 14-18 Desember 2022.

Piala AFF Championship - Februari & Desember

Kompetisi yang menjadi pusat perhatian penggemar sepak bola tanah air ini secara eksklusif dilaksanakan bersamaan di tahun 2022. Dimana timnas muda U-23 bakal tampil sebagai juara bertahan di ajang turnamen dua tahunan pada 14-26 Februari di Kamboja.

Selanjutnya yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia adalah Piala AFF Senior yang diselenggarakan pada 21 November - 18 Desember 2022. Sebagai pembalasan dendam di partai puncak dan hanya berhasil menjadi runner-up, usai dikalahkan Thailand, timnas senior asuhan Shin Tae-yong berharap bisa mendapatkan hasil positif dan juara perdana bisa dibawa pulang.

Piala Dunia - November & Desember

Event olahraga tahun 2022 ditutup dengan pesta turnamen empat tahunan sepak bola dunia, FIFA World Cup yang berlangsung di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember. FIFA berharap dengan para penggemar bisa menikmati sajian Piala Dunia dengan jadwal tersebut. Bagi para penggemar yang sudah siap menuju tempat Piala Dunia, bisa memesan tiket di situs penjualan resmi dari sekarang.

Disclaimer:
FanGir merupakan produsen sekaligus pemegang lisensi distribusi merchandise dari sejumlah brand di industri olahraga, musik hingga lifestyle. Mitra FanGir saat ini adalah PT Liga Indonesia Baru (LIB) khusus Trading Card dan Jersey seputar Liga Indonesia. Produk yang akan dipasarkan ke publik berupa foto-foto pemain, statistik hingga tanda tangan para pemain. Situs resmi yang bisa diakses hanya www.fangir.com

Back to blog