Interview Tidak Ada Warna Kartu Imprint FanGir

Interview Kreator Kartu Bola Imprint, TAW

Setelah perilisan kartu Imprint edisi kedua dengan ikon legenda sepakbola Indonesia Bima Sakti, kali ini FanGir info langsung kreator kartu bola edisi kedua, TAW (Tidak Ada Warna). Sebelum menjadi kreator visual kartu bola Imprint FanGir, TAW secara eksistensi sudah go internasional bersama tim-tim terbaik dunia. Sebut saja Juventus—dia—TAW-melalui IG resmi @createdbytaw terlihat postingan konten tim Si Nyonya Tua cukup mendominasi. Apakah TAW bagian dari Juventus atau ada target terhadap seni ilustrasi yang ingin dicapai? Tentu semua itu terjawab tuntas di sesi interview kreator FanGir di bawah ini.

FanGir: Bagaimana awal mula terjun ke industri olahraga sebagai seorang kreator? Lebih dulu sebagai kreator atau sebagai sports-fan?

TAW: 2015/2016 liat karya karya ilustrasi diinternet bagus-bagus jadi pengen coba apalagi juga punya basic gambar (waktu itu manual gambar tangan) terus mikir kayanya bisa juga kalau digital barulah mulai dari photoshop sampai sekarang, tentunya awal awal gambarnya ga sebagus sebagus sekarang intinya ada selalu ada peningkatan.

Barulah Sering dipost diIG. Dan untuk awalnya sportsfan, ikut bagian dari JCI (juventus club indonesia) chapter semarang, disana juga sering bantu2 desain flayer/poster/marchendise dll.

FanGir: Karya apa yang dibuat dan kemudian sukses mendapat respon positif sehingga memutuskan untuk melanjutkan berkarya sebagai "CreatedbyTaw"?

TAW: Dulu pertama membuat karya vector gambar gitu, tpi karena mungkin tak sebagus karya orang2, atau mungkin karena awal-awal jadi banyak yg belum kenal, akhirnya buat sesuatu yang berbeda, keingat dulu waktu masih sekolah pernah buat wajah illustrasi typographi, dan melihat di-IG belum ada yg buat akhirnya iseng coba nge-up typographi, akhirnya meledaklah disitu pertama buat wajah pirlo.

Dari situ akhirnya Follower Instagram naik dratis dan makin banyak dikenal, terus berlanjut, smbil meningkatkan ilustrasi vector tentunya vector yang mempunyai ciri khas dengan ilustrasi vector yang lain. Juga dari situ mulai diselingin typographi-vector, puncaknya tidak sengaja waktu buat vector dapet DM dari art director ESPN tahun 2018, dan itu pertama kalinya  mendapatkan project besar dari luar sampai sekarang.

FanGir: Apakah ada target/goals yang dikejar sebagai kreator?

TAW: Untuk target pasti ada ya. Semua kreator juga pasti sama, intinya terus ingin terus berkembang memperluas jaringan di bidang art digital, berinovasi mengikuti perkembangan trend juga, ya. Untuk akhirnya semoga bisa membuat agency desain sendiri.

FanGir: Melihat social media @CreatedbyTAW, kami mengira bahwa Juventus adalah tim favorit Anda, Benar/Tidak? Mengapa Juventus? (Bila bukan Juventus, maka tim apa yang menjadi favorit Anda?)

TAW: Yups dari dulu suka Juventus. Mungkin karena awal tahun 2000an serie A lagi berjayanya, apalagi Juventus karena dulu waktu lihat koran/majalah sport gitu pasti Juventus selalu ada didalamnya. Kalau tidak ada Juventus mungkin Bayern Munchen.

FanGir: Apakah memiliki klub/pemain favorit dari Indonesia (Level klub/timnas)

TAW: Kalau untuk klub favorit di Indonesia, bukan favorit sih tapi mengikuti aja sesuai tempat kota kerjaan dulu. Waktu di Semarang 4 tahun ya suka PSIS, waktu pindah kerja ke Surabaya, juga ngikutin Persebaya. Jadi 2 klub itu yang sering diikuti.

Kalau untuk pemain, bang Leonard Tupamahu/Firdaus Ramadhan aja, kerena kenal juga terus sering DM2-an bahas sepak bola italia, sama Samsul Arif juga.

FanGir: Apakah ada duka sebagai kreator digital? Apa yang dilakukan ketika sedang "mentok" / "bosan" / "capek" dalam melakukan proses kreatif?

TAW: Tentu ada juga. Mulai dari, payment yang telat, atau tidak terbayar, desain jadi client hilang bahkan pernah smpai diblokir kontak saya. Terus masalah waktu juga, karena jam kerja agency luar dan indo beda waktu jadinya banyak sering begadangnya apalagi masuk proses final desain dan revisi.

Klo mentok capek biasanya kekandang Ngerawat ayam. Karena saya juga punya peternakan ayam, jadi bisa sambil ngelepas penat, dan usaha sampingan.

FanGir: Apa yang membuat "tidakadawarna" berevolusi menjadi "CreatedbyTAW"? Apakah ada perbedaan?

TAW: Tidak ada perbadaan karena intinya juga sama, karena CREATED BY TAW, TAW sendiri singkatan dari (Tidak Ada Warna), agar marketnya juga bisa dikenal ke luar juga, jadi meluas.

FanGir: Siapa kreator lain (lokal maupun global) yang menginspirasi CreatedbyTAW?

TAW: Jujur semua kreator mengiinspirasi, banyak juga dari karya mereka yang bagus, bisa dijadi motivasi untuk mengembangkan desain yang lebih lagi.

FanGir: Karya CreatedbyTAW telah di post oleh brand global seperti Juventus, Liverpool, Livescore, R8 Esport, Sport 360, Socioscom, hingga pesepakbola kelas dunia seperti Bonucci. Prestasi atau pengalaman seru apa yang pernah dirasakan sebagai kreator / ilustrator?

TAW: Prestasi puncaknya mungkin bisa kerjasama dengan Juventus, berawal gambar hanya direpost diakun ig resmi, dan akhirnya di 2022 bisa mendapatkan project langsung meskipun hanya pasar indonesia / server indonesia melalu agency Red Lantern. Tapi itu benar benar terbaik, sebagai fans club, bisa kerjasama bareng impian sekali, tinggal menunggu waktu aja untuk bisa nembus ke pasar global. Aamin.

Dan brand global sendiri untuk pengelaman serunya tidak menyangka saja karya saya bisa diterima dan banyak disukai mereka, salah satu apresiasi terbaik dari mereka dan saya berterimakasih banyak atas itu. Livescore, Sport 360,  R5sportmedia, Aljazira FC, ESPN, dll.

Cerita sdikit khususnya untuk Livescore, dulu waktu masih sekolah karena serie A mainnya selalu tengah malam, tidak memungkinkan untuk begadang. Paginya bangun tidur buka browser ngecek hasil pertandingan selalu di Livescore. Sampai pada akhirnya mungkin udah jodoh kali, dan tidak disangka diakhir tahun 2022 buka DM IG dapet tawaran kerjasama dari mereka untuk membuat poster illustrasi, dan itu masih berjalan smpai sekarang.

FanGir: Bila berkesempatan untuk membuat sebuah karya untuk siapapun di dunia ini, siapa yang akan Anda buat?

TAW: Mungkin 50 pemain Juventus legend dari awal berdiri sampai sekarang, dan berharap karyanya bisa terpajang di Juventus stadium/di J museum, semoga.

FanGir: Sebagai kreator, apakah Anda mengkoleksi suatu barang tertentu? apa tanggapan Anda melihat pertumbuhan atau kembalinya tren koleksi kartu trading card beberapa tahun terakhir ini khususnya kartu olahraga?

TAW: Sebagai fans Juve, lebih ke jersey dari tahun ke tahun hanya itu. Sejujurnya saya baru mengetahui tentang kartu trading ini, kuper mungkin ya haha. Tetapi setelah mencari tahu di internet, ternyata cukup 'hype' juga, sebagai fans olahraga tertentu bisa memiliki kartu trading original akan menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

FanGir: Seberapa penting media sosial untuk CreatedbyTAW? (Instagram, Behance, Twitter)

TAW: Penting mengingat peran media sosial sangat di jaman sekarang, sebagai bahan  portfolio,  promosi, meluaskan jaringan di bidang art digital, dan mencari referensi trend desain, dan tentu pastinya dari media itulah apabila kita sering update dan rajin membuat karya, tentunya client-client besar akan datang dari situ juga. Karena dari Pengalaman selama ini, project besar selalu datang dari media tersebut, terutama Instagram.

FanGir: Apa tanggapan Anda mengenai kolaborasi antara kreator x brand kolektibel?

TAW: Adanya kolaborasi pastinya akan sangat saling menguntungkan juga, dari kreator dan brandkolektibel akan juga sama sama mendapatkan insight besar dari kolabrasi itu sendiri, nilai, nama, dan network yang akan sangat luas.

FanGir: Adakah tanggapan khusus mengenai trading card Imprint Future-Legends dari FanGir x APPI ini?

TAW: Sebelumnya saya juga pernah berkolaborasi dengan APPI untuk membuat desain T-shirt, Ramdani Lestaluhu pada tahun lalu.

Pastinya bangga dan puas karya saya bisa diterima, khususnya pada project trading card ini. Ketika saya mendesain dan karya dipamerkan oleh salah satu Legend/pemain terbaik sepak bola indonesia, adalah sebuah pengalaman terbaik.

GRAZIE MILLE FanGir atas kesempatan yang telah diberikan, semoga bisa bekerja sama kembali dilain waktu.

Sukses Selalu FanGir!

Yap, begitulah tanggapan sang kreator @createdbytaw yang memiliki target pencapaian sangat menginspirasi. Dan, tentunya beliau sangat bangga dan berharap bahwa koleksi kartu kolaborasi kreator Imprint ini bisa menjadi populer dan sebagai aset berharga bagi pemiliknya.

Terima kasih Muhammad Nafi (@createdbytaw) atas tanggapannya. Selamat dan sukses selalu menyertaimu.

Back to blog