Event Kolektor Kartu FanGir

3 Event Kolektor Kartu Ini Perlu Kamu Kunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

Melihat antusiasme kehadiran event kolektor di dunia, membuat sejumlah para penggemar, fans fanatik hingga masyarakat merasakan pengalaman tak terlupakan. Salah satu alasan mengapa kamu harus kunjungi event kolektor sekali seumur hidup adalah aktivitas didalamnya yang dapat kamu temui seperti panel diskusi, pertunjukan eksklusif, hingga koleksi terbaik di dunia. Dunia kolektor bukan hanya komik, film, televisi atau budaya pop secara umum. Ada yang lebih mustahil untuk tidak merasakan eksistensi dunia trading card sports & entertainment.d' oleh eBay, pembelian kartu trading di situs eBay.com selama pandemi 2021 (Januari - Juli) mengalami kenaikan signifikan sebesar 175%. Hal ini merupakan pergerakan ekonomi yang sangat besar dari perdagangan kartu koleksi.

NSCC

NSCC

Menurut survei yahoo.finance.com, Di pasar trading card sports & entertainment global terutama didorong oleh kemajuan teknologi yang signifikan di bidang kartu perdagangan. selain itu, pertumbuhan pasar negara berkembang seperti Asia Pasifik dan Timur Tengah, dan urbanisasi yang cepat secara global meningkatkan pasar. China dan India adalah salah satu dari dua pasar negara berkembang terbesar, memegang peluang yang menguntungkan untuk ekspansi bisnis di seluruh industri trading card.

Seiring dengan peningkatan pasar, metode ini terdiri dari dinamika pasar yang mencakup analisis Lima Poin Penting yaitu daya tawar pembeli, daya tawar pemasok, ancaman pendatang baru, ancaman pengganti, dan tingkat kompetitor.

Pemain utama di pasar olahraga adalah Futera, kartu Leaf Trading, Panini SPA, Topps., Upper Deck Company, dan Lain-lain. Sedangkan ada tiga event kolektor kartu terbesar saat ini adalah London Card Show, Burbank Card Show, dan The National Sports Collectors Convention.

Bagaimana Eksistensi Event Kolektor Dunia?

Event kolektor telah menjelma menjadi aspek pendukung para kolektor kartu trading card maupun jenis koleksi lainnya. Dukungan pun datang dari berbagai pihak, sehingga euforia yang dihadirkan terkesan lebih besar dari yang diperkirakan. Dukungan dari semua pihak ini mampu menjaga stabilisasi kolektor kartu seluruh dunia tetap berjalan dan membantu memperkuat komunitas, promosi budaya, dan esensi barang-barang memorabilia lainnya.

Berikut informasi penting tentang gelaran event kolektor dunia, diantaranya:

  • Ukuran Acara: Event yang mengumpulkan ribuan kolektor, penjual, dan penggemar kartu sports & entertainment dari seluruh dunia. Event ini memiliki berbagai pameran berbagai jenis kartu, layanan grading, unboxing live session, meetup superstar, area komunitas dan barang-barang koleksi lainnya.
  • Pameran dan Transaksi: Para pengunjung dapat menjelajahi berbagai meja pameran yang menjual kartu olahraga langka, memorabilia atlet, dan berbagai barang koleksi dari jenis lainnya. Banyak kolektor datang ke acara untuk melakukan transaksi penting dan menambah koleksi mereka.
  • Penandatanganan oleh Atlet: Salah satu daya tarik utama event kolektor adalah kesempatan untuk bertemu dengan mantan atlet atau bintang olahraga terkenal yang sering kali menghadiri acara ini untuk sesi penandatanganan. Kolektor atau pengunjung yang hadir bisa mendapatkan tanda tangan eksklusif pada koleksi mereka.
  • Auksi: Sejumlah besar lelang dilakukan masing-masing meja kolektor selama event berlangsung, di mana barang-barang koleksi langka dan berharga dilelang kepada para penggemar yang dapat melakukan penawaran tertinggi.
  • Acara Terkait: Selain transaksi jual-beli, pameran kolektor, dan penandatanganan artis, acara ini juga mencakup berbagai acara terkait, seperti panel diskusi, pertemuan dengan pembuat kartu, layanan penilaian kartu, tempat bermain ramah anak dan lain-lain.

Biasanya event kolektor memiliki tren melakukan gelaran di berbagai tempat setiap waktunya. Termasuk salah satu dari 3 event terbesar, The National Sports Collectors Convention sering kali berpindah-pindah lokasi setiap tahunnya di berbagai kota besar di Amerika Serikat. Bagi para kolektor kartu koleksi sports & entertainment, rasanya menghadiri event kolektor kartu terbesar di dunia adalah pengalaman yang sangat istimewa dan bisa menjadi kesempatan besar untuk mendapatkan kartu-kartu langka, eksklusif dan paling unik yang mereka inginkan.

Mari kita berkaca pada event kolektor kartu sports & entertainment terbesar di dunia, diantaranya:

NSCC (National Sports Collectors Convention)

Pertama pastinya ada The National Sports Collectors Convention (NSCC), sebuah event pertemuan tahunan kolektor, pedagang, dan kelompok lain yang tertarik dalam mengumpulkan kartu koleksi trading card tanda tangan, ilustrasi hingga terkait objek memorabilia.

 

 

Awal Mula NSCC Berdiri

Pada tahun 1980 (awal mula), sekelompok kolektor berkumpul di sebuah ruang balai kecil di Marriott International Airport, Los Angeles, dan menjadi tempat pertama mendirikan NSCC. Dari situ, NSCC berkembang menjalani workshop tahunan yang menjadi acara utama dalam industri koleksi sports & entertainment. Dengan tujuan utama melibatkan kolektor dari seluruh negeri, pendiri NSCC menentukan bahwa acara tersebut berpindah-pindah ke seluruh negeri untuk memastikan semua kolektor dan exhibitor dapat berpartisipasi secara langsung. Awal lokasi NSCC melakukan pertemuan akbar diadakan di St. Louis, Chicago, Detroit, serta daerah metropolitan New York.

NSCC Jadi Pusat Acara Kolektor Kartu Sports & Entertainment Terbesar di Dunia

The National Sports Collectors Convention hari ini telah berubah menjadi sebuah mega-event yang dapat dilaksanakan di berbagai negara. Namun, acara ini tetap menarik semua aspek dari industri kartu koleksi. Melihat itu tiada cara lain untuk membanggakan agen lisensi dari dunia olahraga profesional bersama dengan pedagang kartu vintage, barang koleksi dan produk koleksi paling rare di dunia. Dengan dukungan dari berbagai brand terbesar di kalangan kolektor seperti produsen kartu utama, layanan penilaian kartu, rumah lelang, serta dari pemegang lisensi dari lingkup sports & entertainment, NSCC adalah acara yang wajib dihadiri setiap musim panas.

London Card Show

Memiliki tema “Europe’s Biggest Card Show & Winner of the UK Card Show of the Year”, London Card Show, yang sekarang memasuki pertunjukan kesepuluhnya memiliki event komunitas kartu yang bersemangat. Dimana pengunjung dapat membeli, menjual, menukar, atau hanya menikmati kegembiraan menjadi bagian dari salah satu hobi yang berkembang paling pesat di dunia. Mulai dari pedagang kartu pemula hingga kolektor berpengalaman, berkumpul menjadi satu dengan berbagai aktivitas pertunjukan untuk semua.

SO YOU WANT TO BE A GREETING CARDS DESIGNER?: PG LIVE LONDON - East End  Prints Ltd

East end Prints

Didirikan hanya dua tahun yang lalu, London Card Show memiliki misi tunggal, yaitu untuk mengumpulkan kolektor kartu dari berbagai jenis di bawah satu wadah. Mungkin ini adalah sebuah pencapaian besar dari tempat yang kecil, dimana perjalanan berawal dari 10 meja dan 40 peserta, namun seiring berjalannya waktu, London Card Show berkembang menjadi acara akhir pekan yang spektakuler. Event tiga bulanan yang dilaksanakan London Card Show telah menarik lebih dari 3.000 penggemar dari seluruh dunia. Perjalanan London Card Show terus menggema oleh semangat semua elemen. Sehingga London Card Show dinobatkan sebagai Card Show of the Year di Inggris - sebuah bukti nyata dari komunitas kartu yang luar biasa!

Burbank Card Show

Burbank Card Show merupakan acara unggulan yang didedikasikan untuk merayakan semangat dan budaya dari kartu koleksi trading card. Dengan fokus untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan menarik, acara ini memberikan platform bagi kolektor, penggemar, dan profesional industri untuk berkumpul dan berbagi cinta mereka terhadap kartu. Mulai dari klasik vintage hingga mahakarya kontemporer, Burbank Card Show menawarkan beragam pilihan kartu yang menjangkau berbagai minat dan hasrat.

Clemente's Corner: Card Shows You Must Attend in 2023 - Puck Junk

Puck Junk

Keseluruhan aktivitas dan eksposur yang ada di setiap gelaran Burbank Card Show:

  • Beli, Jual, dan Tukar: Dalam pasar yang dinamis di mana pembelian, penjualan, dan pertukaran kartu koleksi menjadi yang utama. Temukan fisik yang tersembunyi, langka, dan klasik yang memiliki value tinggi saat menjelajahi berbagai pameran koleksi yang mengesankan sepanjang waktu.
  • Beragam Jenis Kartu: Burbank Card Show menawarkan berbagai fisik kartu yang eklektik mencakup olahraga, hiburan, permainan, dan banyak lagi. Baik penggemar olahraga yang fanatik, penggemar budaya pop, atau pemain kartu perdagangan, pasti akan menemukan kartu yang menggugah minat pengunjung.
  • Jaringan/relasi: Terhubunglah dengan sesama kolektor, pedagang, dan penggemar yang memiliki semangat dan tingkat pengalaman tertinggi terhadap kartu koleksi. Bentuk persahabatan baru, ikuti diskusi, dan bagikan wawasan komunitas yang berdedikasi untuk anggota baru.
  • Wawasan dan Penilaian Ahli: Berinteraksilah dengan para ahli berpengalaman yang akan siap memberikan penilaian, saran, dan wawasan tentang dunia kartu koleksi. Baik Anda baru dalam dunia ini atau seorang profesional berpengalaman, Anda akan menemukan pengetahuan berharga untuk meningkatkan perjalanan koleksi kartu.
  • Menampilkan Koleksi: Apakah Anda seorang kolektor yang ingin memamerkan koleksi berharga? Burbank Card Show memberikan platform/tempat yang ideal untuk memamerkan harta karun Anda dan berhubungan dengan individu sejenis yang benar-benar menghargai aset koleksi Anda.
  • Ramah Keluarga: Acara ini dirancang untuk melayani semua usia, menjadikannya perjalanan yang sempurna untuk keluarga dan individu. Temukan kegembiraan dan nostalgia saat menjelajahi beragam kartu yang dipamerkan.

Bagi kamu yang baru awam tentang koleksi kartu trading card bisa follow IG @FanGirDotCom, baca artikelnya di website, serta temukan harta karun satu-satunya di dunia hanya di www.fangir.com

Back to blog